Surat An Nisa Ayat 146 Lengkap Beserta Tajwid dan Penjelasannya

Surat An Nisa 146

Tajwid Surat An nisaIlmu tajwid merupakan salah satu sarana untuk umat muslim lancar dan fasih dalam membaca al qur’an selain itu juga untuk meminimalisir kesalahan dalam pengucapan huruf yang bisa merubah makna Al Quran itu sendiri. Maka dari itu pentinglah sekali bagi umat muslim untuk paham dan mengerti akan ilmu tajwid.

Salah satu cara untuk memahami dan mengerti akan ilmu tajwid yaitu dengan menganalisa ayat-ayat al quran yang didalamnya terkandung hukum-hukum tajwid,dengan seperti itu akan lebih mudah dan cepat dalam memahami hukum hukum tajwid.

Sebagai contoh disini adalah surat an nisa ayat 146 yang akan kita analisa hukum tajwidnya,alangkah baiknya sebelum menganalisa tajwidnya kita tahu dulu apa isi atau kandungan dari surat an nisa ayat 146 ini.

Berikut telah kami sertakana tafsir dari surat an nisa ayat 146.

Tafsir surat an nisa aya 146

Kecuali orang-orang yang kembali kepada Allah dan bertaubat kepadaNya, serta memperbaiki apa yang telah mereka rusak dari keadaan mereka baik yang batin dan lahir mereka dan loyal kepada hamba-hambaNya yang mukminin, dan berpegangteguh terhadap agama Allah dan ikhlas kepada Allah ,maka mereka itu akan bersama kaum mukminin di dunia dan akhirat, dan Allah akan memberikan pahala yang besar kepada kaum Mukminin.

Hukum tajwid surat an nisa ayat 146 berserta penjelasannya

  1. [ الَّذِيْنَ ] Alif lam syamsiyah atau idgham syamsiyah karena ada alif lam bertemu dengan lam.
  2. [ الَّذِيْنَ ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  3. [ تَابُوْ ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu alif sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,maka dibaca dua harakat atau satu alif.
  4. [ تَابُوْ ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  5. [ وَاَصْلَحُوْ ]Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  6. [ وَاعْتَصَمُوْ ]Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  7. [ بِاللّٰهِ ] Lam jalalah tarqiq karena ada lafadz Allah yang sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah.
  8. [ وَاَخْلَصُوْ ]Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  9. [ دِيْنَهُمْ ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  10. [ دِيْنَهُمْ لِلّٰهِ ] Idzhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf lam,maka mim sukunnya dibaca jelas tidak dipantulkan dan tidak didengungkan.
  11. [ فَاُولٰۤىِٕكَ ]Mad wajib mutashil karena ada mad thabi’i bertemu dengan hamzah pada satu kalimat,maka dibaca panjang enam harokat atau 3 alif.
  12. [ مَعَ الْمُؤْ ]Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu mim,maka lam nya dibaca jelas tidak di idghamkan.
  13. [ الْمُؤْمِنِيْنَۗ ]Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif,atau ketika berhenti maka menjadi mad aridlissukun karena mad thabi’i bertemu huruf hidup ketika waqof.
  14. [ وَسَوْفَ ]Harfu layyin atau huruf lin karena ada wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,maka dibaca sau bukan sao.
  15. [ يُؤْتِ اللّٰهُ ]Lam jalalah tarqiq karena ada lafadz Allah sebelumnya didahului dengan huruf yang berharakat kasrah,maka lam jajalah nya dibaca tipis lillah bukan lilloh.
  16. [ الْمُؤْمِنِيْنَ ]Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu mim,maka lam nya dibaca jelas tidak di idghamkan.
  17. [ الْمُؤْمِنِيْنَ ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  18. [ اَجْرً ]Qolqolah sugro karena ada huruf qolqolah yaitu jim dalam keadaan sukun asli pada tengah kalimah atau pada posisi washol,dibaca memantul tanpa disertai dengan dengung.
  19. [اَجْرًا عَظِيْمًا] Idzhar karena ada tanwin fathah atau tanwin fathah bertemu dengan huruf idzhar yaitu ain,makan nun sukunnya dibaca jelas tidak dipantulkan dan tidak disertai dengan dengung atau gunnah.
  20. [ عَظِيْمًا ]Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  21. [ عَظِيْمًا ]Mad iwad karena ada huruf yang berharokat fathahtain atau tanwin fathah pada posis waqof,maka dibaca maa bukan man disertai panjang dua harakat atau satu alif.
Baca juga  Tajwid Surat Al Jumuah Ayat 4 Lengkap Dengan Penjelasannya

 

Demikian penjelesan tajwid surat An Nisa ayat 146,semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.Mari kita terus belajar untuk memperbaikin bacaan Al Quran kita.Mohon maaf jika ada kesalah,karena kesalahan itu murni dari kami.

Jika menemukan kesalahan dalam segi materi atau penulisan mohon segera hubungi kami via email admin@islamitu.com ataupun bisa dengan memberi komentar di  bawah. Terimakasih

 

Rujukan

Tafsir al muyassar

Tuhfatul atfal

Muqodimah Jazariyah

Tafsir web

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan