Surat Al Hujurat Ayat 10 Lengkap Beserta Tajwid dan Penjelasannya

Membaca Al Quran merupakan sebuah ibadah yang sering kali kita lakukan,namun sayangnya masih banyak orang yang membaca Al Quran tidak sesuai dengan kaidah kaidah ilmu tajwid yang ada.Mungkin karena meraka tidak pernah belajar atau mempelajari ilmu tajwid.

Maka dari itu kami mengajak kepada semuanya untuk besama-sama meperbaiki bacaan Al quran dengan mempelajari ilmu tajwid yang mencakup di dalamnya hukum hukum bacaan dan cara membacanya.

Untuk kali ini kami mengambil satu contoh  ayat pada al quran yaitu surat al hujurat ayat 10,yang nanti akan dijelaskan hukum-hukum tajwid yang ada pada ayat tersebut.

Surat Al Hujurat Ayat 10

Surat Al Hujurat Ayat 10

Hukum tajwid surat Al Hujurat ayat 10

  1. [اِنَّمَا] Ghunnah karena ada nun bertasydid maka dibaca dengung selama dua harakat atau satu alif.
  2. [الْمُؤْمِنُوْنَ] Alif lam qomariyah atau idzhar qomariyah karena ada alif lam ta’rif bertemu dengan huruf qomariyah yaitu mim,maka lam nya dibaca jelas/idzhar dengan tanda aslinya sukun.
  3. [الْمُؤْمِنُوْنَ] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  4. [اِخْوَةٌ فَاَ] Ikhfa karena ada tanwin dammah bertemu dengan huruf ikhfa yaitu fa,maka dibaca sama dengan disertai dengung ( ghunnah ) ditahan selama satu alif atau dua harakat.
  5. [فَاَصْلِحُوْا] Mad thabi’i karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dhammah,maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  6. [بَيْنَ] Harfu layyin atau huruf lin karena ada hurfu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,maka dibaca bai bukan bae.
  7. [اَخَوَيْكُمْ ] Harfu layyin atau huruf lin karena ada hurfu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,maka dibaca wai bukan wae.
  8. [اَخَوَيْكُمْ وَ] Idzhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf wawu,maka mim sukunnya dibaca jelas tidak pantulkan dan tidak di dengungkan.
  9. [اتَّقُوا اللّٰهَ] Lam jalalah tafkhim karena ada lafadz Allah yang sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah.
  10. [لَعَلَّكُمْ تُرْ] Idzhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf ta,maka mim sukunnya dibaca jelas tidak pantulkan dan tidak di dengungkan.
  11. [تُرْ] Huruf ra tafkhim karena ada huruf ro sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat dammah,maka huruf ra nya dibaca tebal.
  12. [تُرْحَمُوْنَ] Mad aridlissukun karena mad thabi’i bertemu huruf hidup ketika waqof.
Baca juga  Surat At Taghabun Ayat 1 Beserta Tajwid dan Penjelasannya

Itulah penjelasan tajwid dari surat al hujurat ayat 10 semoga dengan pembehasan yang sudah kami berikan akan membuka pemahaman akan ilmu tajwid.

Dan jika ada yang kurang paham,bisa anda tinggalkan komentar dibawah atau bisa langsung hubungi kami via email.

Semoga bermanafaat,terimakasih

Rujukan

Tuhfatul atfal

Muqodimah jazariyah

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan