Sabar dan keutamaanya

Setiap orang pasti pernah mendengar kata sabar,dan biasanya disandingkan dengan sebuah kondisi kurang baik yang sedang dirasakan tapi apakah kalian sudah tahu keutamaan sabar itu sendiri?.

“Sabar ya semuanya pasti ada hikmahnya”
“Sabar…orang sabar di sayang Tuhan”

Mungkin itu kalimat yang sering didengar ketika kita atau orang lain dalam kesusahan atau kesulitan.
Atau malah anda sekarang sedang merasa kesusahan?

“Sabar ya … karena sesungguhnya Allah Bersama orang yang sabar”

Terlepas dari itu semua,sabar di dalam agama islam merupakan sifat yang terpuji atau sering disebut dengan akhlakul karimah.Sifat yang baik biasanya memiliki sebuah ketutmaannya masing masing,termasuk juga sifat sabar yang memiliki banyak sekali keutamaan.

Sebelum membahas keutamaan dari sifat sabar,kita jabarkan dulu apa yang dimaksud dengan sabar itu sendiri.

Pengertian sabar

Menurut bahasa sabar berasal dari bahasa arab ialah As- Shabru, ialah masdar dari fi’ il madhi yang berarti menahan diri dari keluh kesah. Ada juga yang berpendapat as- Shibru dengan mengkasrahkan shadnya yang berarti obat yang sangat getir serta tidak lezat. Imam Jauhari memahami kata sabah yang wujud jamaknya berbentuk lafadصُبُرٌ dengan menahan diri kala dalam keadaaan pilu ataupun sulit.

Dan kata sabar di dalam Al-Qur’an terdapat di 70 tempat,inilah 10 diantara 70 tempat tersebut:

  • Surah As-Sajdah ayat 24

﴿وَجَعَلۡنَا مِنۡهُمۡ أَئِمَّةٗ يَهۡدُونَ بِأَمۡرِنَا لَمَّا صَبَرُواْۖ وَكَانُواْ بِ‍َٔايَٰتِنَا يُوقِنُونَ ﴾

  • Surah Al-Araf ayat 137

وَأَوۡرَثۡنَا ٱلۡقَوۡمَ ٱلَّذِينَ كَانُواْ يُسۡتَضۡعَفُونَ مَشَٰرِقَ ٱلۡأَرۡضِ وَمَغَٰرِبَهَا ٱلَّتِي بَٰرَكۡنَا فِيهَاۖ وَتَمَّتۡ كَلِمَتُ رَبِّكَ ٱلۡحُسۡنَىٰ عَلَىٰ بَنِيٓ ﴿
﴾ إِسۡرَٰٓءِيلَ بِمَا صَبَرُواْۖ وَدَمَّرۡنَا مَا كَانَ يَصۡنَعُ فِرۡعَوۡنُ وَقَوۡمُهُۥ وَمَا كَانُواْ يَعۡرِشُونَ

  • Surah An Nahl ayat 96

﴾ مَا عِندَكُمۡ يَنفَدُ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ بَاقٖۗ وَلَنَجۡزِيَنَّ ٱلَّذِينَ صَبَرُوٓاْ أَجۡرَهُم بِأَحۡسَنِ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ ﴿

  • Surah Qashash ayat 54

﴾ أُوْلَٰٓئِكَ يُؤۡتَوۡنَ أَجۡرَهُم مَّرَّتَيۡنِ بِمَا صَبَرُواْ وَيَدۡرَءُونَ بِٱلۡحَسَنَةِ ٱلسَّيِّئَةَ وَمِمَّا رَزَقۡنَٰهُمۡ يُنفِقُونَ ﴿

  • Surah Az-Zumar ayat 10

قُلۡ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ لِلَّذِينَ أَحۡسَنُواْ فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٞۗ وَأَرۡضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ ﴿
﴾ حِسَابٖ

  • Surah Al-Anfal ayat 46

﴾ وَأَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَا تَنَٰزَعُواْ فَتَفۡشَلُواْ وَتَذۡهَبَ رِيحُكُمۡۖ وَٱصۡبِرُوٓاْۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ ﴿

  • Surah Ali Imron ayat 125

﴾ بَلَىٰٓۚ إِن تَصۡبِرُواْ وَتَتَّقُواْ وَيَأۡتُوكُم مِّن فَوۡرِهِمۡ هَٰذَا يُمۡدِدۡكُمۡ رَبُّكُم بِخَمۡسَةِ ءَالَٰفٖ مِّنَ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةِ مُسَوِّمِينَ ﴿

  • Surah Al Baqarah ayat 157

﴾ أُوْلَٰٓئِكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوَٰتٞ مِّن رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٞۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُهۡتَدُونَ ﴿

  • Surah An Nahl ayat 96

﴾ مَا عِندَكُمۡ يَنفَدُ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ بَاقٖۗ وَلَنَجۡزِيَنَّ ٱلَّذِينَ صَبَرُوٓاْ أَجۡرَهُم بِأَحۡسَنِ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ ﴿

  • Surah Shad ayat 44

﴾ وَخُذۡ بِيَدِكَ ضِغۡثٗا فَٱضۡرِب بِّهِۦ وَلَا تَحۡنَثۡۗ إِنَّا وَجَدۡنَٰهُ صَابِرٗاۚ نِّعۡمَ ٱلۡعَبۡدُ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٞ ﴿

Keutamaan sabar

Itulah kesepuluh ayat yang di dalamnya terdapat kata sabar.Dan dari 10 juga mengandung makna tentang keutamaan-keutamaan sabar.

Yang pertama makna dari (1)Surah As-Sajdah ayat 24, (2)Surah Al-Araf ayat 137, (3)Surah An Nahl ayat 96 adalah :
“Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.”(1)

“Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir’aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.”(2)

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”(3)

Menurut Imam Al Gazali

Yang pertama Imam Al-Gozali mengambil kesimpulan dari ayat-ayat di atas bahwa orang yang bersabar akan menghasilkan sebuah derajat atau kebajikan yang tinggi.

Yang kedua makna dari Surah Qashash ayat 54 adalah:
“Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka, mereka nafkahkan.”
Imam Al-Gozali mengambil kesimpulan dari ayat tersebut bahwa keutamaan sabar adalah amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Yang ketiga makna dari Surah Az-Zumar ayat 10 adalah:
“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”
Imam Al-Gozali mengambil kesimpulan dari ayat tersebut bahwa semua amal ibadah yang dilakukan oleh manusianya itu mempunyai kadar pahalanya masing-masing,akan tetapi ada amal ibadah yang tidak memiliki kadar pahala atau tanpa batas yaitu sabar.
Jadi keutamaan sabar yang ke tiga adalah pahala tak terbatas.

Yang keempat makna dari Surah Al-Anfal ayat 46 adalah:
“Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Dari ayat di atas sudah jelas bahwa keutamaan sabar yang selanjutnya adalah dekat dengan Allah SWT.

Yang kelima makna dari Surah Ali Imron ayat 125 adalah:
“Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.”
Imam Al-Gozali mengambil kesimpulan dari ayat di atas bahwa keutamaan sabar itu salah satunya adalah Allah SWT menggantungkan pertolongan kepada sabar.

Yang keenam makna dari Surah Al Baqarah ayat 157 adalah:
“Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”
Keutamaan sabar yang selanjutnya menurut Imam Al-Gozali dari ayat di atas adalah Allah SWT mengumpulkan petunjuk,rahmat, dan ampunan bagi yang bersabar

Hadis tentang sabar

  • الصبر نصف الأيمان          (Ashobru Nisful Iman)

Hadis yang pertama menerangkan bahwa sabar itu adalah sebagian dari iman.Diriwayatkan oleh Abu Na’im dan Al Khatib dari Ibnu Mas’ud.

  • الصبر كنز من كنوز الجنة    (Ashobru kanzun min kunuzil Jannah)

Hadis yang kedua menerangkan bahwa sabar itu adalah gudang,dari gudang-gudang yang berada di surga.Ada yang berpendapat bahwa ini bukan hadis Nabi.

  •  لا يموت لإِحداكن ثلاثةٌ من الولد فتحتسبه إلَا دخلت الجنة            (La yamutu lihda kunna salasatun minalwaladi fatahtasibahu illla dakholatil Jannah)

Hadis yang ketiga menerangkan bahwa seorang wanita yang ditinggal mati oleh tiga orang anaknya,lalu ia bersabar dan mengharap pahala dari Allah,kecuali dia akan masuk surga.Hadis ini diriwayatkan oleh Suhail dari Abi Hurairah.

Kesimpulan

Semua pembahasan sabar di atas hendaknya kita selaku muslim yang taat harus bisa melakukannya atau setidaknya belajar untuk melakukannya.Karena sudah kita ketahui bahwa sabar itu merupakan sifat yang penting untuk kita miliki.
Semoga kita semua diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk bisa menanamkan sifat sabar di diri kita.
Semoga bermanfaat,mohon maaf apabila ada kesalahan karena itu semua datang dari penulis sendiri.

Wallahu’alam.

Rujukan

  • Kitab Ihya ulumuddin juz 4
  • Kitab Shahih Muslim
  • Kitam Syarh Shahih Muslim Nawawi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *