Perbedaan Nabi dan Rasul Secara Singkat

Ummat islam di dunia ini pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Nabi dan kata Rasul.Karena kedua kalimat tersebut sudah dikenalkan sejak kecil,selain itu juga di Al-Qur’an sering dijumpai dua kata tersebut.Namun sayangnya masih ada diantara kita semua yang masih belum mengerti perbedaan Nabi dan Rasul.

Maka dari itu mari kita cari tahu bersama-sama apa perbedaan antara Nabi dan Rasul.

Pengertian Nabi dan Rasul

Di dalam kitab jawahirul kalamiyah karangan Tahir bin Shaleh Al Jazairi di jelaskan bahwa Nabi adalah manusia(laki-laki) yang diberikan wahyu(pengetahuan) berupa aturan syara meski tidak diperintahkan untuk menyampaikan.Dan jika Nabi tersebut diperintahkan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu,maka mereka juga dinamakan dengan Rasul.Maka setiap Rasul itu pasti Nabi,namun setiap Nabi belum tentu Rasul.

النّبيّ انسان اوحى اليه بشرع وان لم يئمر بتبلغيه فأن امر بتبلغيه سمى رسولا ايضا فكلّ رسول نبيّ وليس كلّ نبيّ رسولا

Perbedaan Nabi dan Rasul

Mayoritas ulama menyatakan adanya perbedaan antara Nabi dan Rasul, tetapi mengenai itu semua ada beberapa perbedaan pendapat diantaranya:

  1. Bahwa Rasul adalah orang yang diturunkan wahyu oleh Allah berupa syariat untuk disampaikan kepada umatnya.Sedangkan Nabi adalah orang yang diturunkan wahyu oleh Allah SWT berupa syariat ,namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan kepada ummatnya.
  2. Rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu berupa syariat baru,sedangkan Nabi adalah orang yang diutus membawa syariat Rasul sebelumnya.Pendapat kedua ini nabi dan Rasul diperintahkan menyampaikan syariat kepada umatnya.
  3. Rasul adalah orang yang mendapatkan kitab dan syariat baru,sedangkan nabi tidak diturunkan kitab padanya,tapi bertugas menyerukan syariat Rasul sebelumnya.

Dan masih banyak lagi pendapat yang lainnya mengenai perbedaan antara nabi dan rasul.

Jumlah Nabi dan Rasul

Dalam kitab Jawahirul Kalamiyah dijelaskan bahwa para Nabi itu tidak diketahui dengan pasti jumlahnya.Namun yang disebutkan di dalam Al-Qur’an ada 25 orang.

لايعلم عددهم على اليقين والمذكور اسماؤهم في الكتاب العزيز خمسة وعشرون

Untuk jumlah Nabi dan Rasul telah kami bahas di artikel yang lain.

Anda bisa mengakses di sini untuk artikel lengkapnya.

Nabi dan Rasul Ulul Azmi

Dari keseluruhan nabi dan rasul yang di utus oleh Allah SWT ada diantaranya yang bergelar Ulul Azmi,gelar ini diberikan kepada nabi dan rasul yang memiliki kesabaran lebih dalam menerima ujian yang diberikan ketika menyampaikan ajaran kepada ummat nya.

Adapun nabi dan rasul ulul azmi adalah sebagai berikut:

  • Nabi Muhammad SAW
  • Nabi Isa AS
  • Nabi Musa AS
  • Nabi Ibrahim AS
  • Nabi Nuh AS

Itulah sedikit pembahasan tentang perbedaan nabi dan rasul,semoga apa yang telah kita ketahui bisa bermanfaat bagi kita kedepannya.

Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan.

Wallahualam

Referensi:

  1. Kitab Jawahirul kalamiyah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan