Belajar Tajwid Surat Al Maidah Ayat 48 Beserta Penjelasannya

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang surat An Nisa ayat 59 beserta tajwid dan penjelasannya,sekarang kita akan membahas tajwid surat Al Maidah ayat 48 lengkap beserta penjelasannya.

Sebelum masuk ke tajwid,alangkah baiknya kita berkenalan dengan isi dan kandungan dari ayat tersebut

Kandungan surat Al Maidah ayat 48

Surat Al maidah ayat 48 memiliki beberapa kandungan diantaranya sebagai berikut:

  1. Iman kepada Allah dan iman kepada kitab-kitab sebelumnya.
  2. Al Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh manusia.
  3. Setiap ummat memiliki syariat dan manhajnya masing-masing.
  4. Berlomba-lomba dalam kebaikan.
  5. Semua manusia pada akhirnya akan Kembali kepada Allah SWT.

Selanjutnya adalah pembahasan tentang tajwidnya.

Tajwid surat Al Maidah ayat 48

Surat Al maidah 48

Surat Al Maidah ayat 48

  1. [ وَاَنْزَ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu za,maka nun sukunnya dibaca samar.
  2. [نْزَلْنَآ اِلَيْكَ ] Mad jaiz munfasil karena ada alif mad bertemu dengan hamzah pada kalimat yang berbeda dibaca panjang sampai 2 setengah alif atau 5 harokat.
  3. [ اِلَيْكَ ] Harfu lin atau huruf lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “ilaika” bukan “ilaeka”.
  4. [ الْكِتٰبَ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu kaf maka lam sukunnya dibaca jelas.
  5. [ الْكِتٰبَ ] Mad thabii atau mad asli karena ada ta berharakat fathah berdiri dibaca panjang dua harakat.
  6. [ بِالْحَقِّ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu ha maka lam sukunnya dibaca jelas.
  7. [ قًا لِّمَا ] Idghom bilagunnah karena dan Mad thabii karena ada tanwin fathah atau fathahtain bertemun dengan huruf lam.
  8. [ بَيْنَ ] Harfu lin atau huruf lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “baina” bukan “baena”.
  9. [ يَدَيْهِ ] Harfu lin atau huruf lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “yadai” bukan “yadae”.
  10. [ مِنَ الْكِتٰبِ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu kaf maka lam sukunnya dibaca jelas.
  11. [ كِتٰبِ ] Mad thabii karena ada ta berharakat fathah berdiri dibaca panjang dua harakat.
  12. [ مُهَيْمِنًا ] Harfu lin atau huruf lin karena karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “haimin” bukan “haemin”.
  13. [ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ] Idhar karena ada tanwin fathah atau fathah tain bertemu degan huruf idhar yaitu ain maka tanwin fathahnya dibaca jelas,tidak dengung dan samar.
  14. [ عَلَيْهِ ] Harfu lin atau huruf lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “lai” bukan “lae”.
  15. [فَاحْكُمْ بَيْنَ ] ikhfa syafawi karena mim sukun bertemu dengan huruf ikhfa syafawi yaitu ba maka mim sukunnya dibaca samar tidak dijelaskan.
  16. [ بَيْنَهُمْ ] Harfu lin atau huruf lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca “baina” bukan “baena”.
  17. [ بَيْنَهُمْ بِمَآ ]Ikhfa syafawi karena mim sukun bertemu dengan huruf ikhfa syafawi yaitu ba maka mim sukunnya dibaca samar tidak dijelaskan.
  18. [ بِمَآ اَنْزَلَ ] Mad jaiz munfasil karena alif mad bertemu dengan hamzah pada kalimat yang berbeda dibaca panjang dua setengah alif atau lima harakat.
  19. [ نْزَلَ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu za,maka nun sukunnya dibaca samar.
  20. [ وَلَا ] Mad thabii karena ada alif sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  21. [ اَهْوَاۤءَ ] Mad wajib muttasil karena huruf mad bertemu dengan hamzah pada satu kalimat dibaca tiga alif atau enam harakat.
  22. [ هُمْ عَمَّا ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu ain,maka mim sukunnya dibaca jelas.
  23. [ عَمَّا ] Gunnah karena ada mim bertasydid dan mad thabii karena ada alif mad sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,dibaca panjang dua harakat.
  24. [ جَاۤءَكَ ] Mad wajib muttasil karena karena ada huruf mad yang bertemu dengan hamzah pada satu kalimat dibaca tiga alif  atau enam harakat.
  25. [ مِنَ الْحَقِّۗ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu ha,maka lam sukunnya dibaca jelas.
  26. [الْحَقِّۗ ] Qolqolah qubro karena ada huruf qolqolah pada posisi berhenti,namun jika tidak berhenti atau diwashal maka hukumnya tidak mejadi qolqolah.
  27. [ كُلٍّ جَعَلْنَا ] Ikhfa karena ada tanwin kasrah bertemu dengan huruf ikhfa yaitu jim maka tanwin kasrahnya dibaca samar tidak di jelaskan.
  28. [ جَعَلْنَا ] Mad thabii karena ada alif mad sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.
  29. [ مِنْكُمْ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu kaf maka nun sukunnya dibaca samar tidak dijelaskan.
  30. [ مِنْكُمْ شِرْ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu syin,maka mim sukunnya dibaca jelas tidak didengungkan atau disamarkan.
  31. [ شِرْعَةً وَّ ] Idghom maal gunnah atau idghom bigunnah karena ada tanwin fathah bertemu dengan wawu.
  32. [ وَّمِنْهَا ] Idhar karena ada nun sukun bertemu dengan huruf idhar yaitu ha,maka nun sukunnya dibaca jelas tidak disamarkan atau didengungkan.
  33. [ وَّمِنْهَا ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu alif sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.
  34. [ جًا ۗو ] Mad iwad karena ada tanwin fathah pada posisi waqof maka tanwin fathahnya diganti jadi fathah dan ditambah panjang satu alif atau dua harakat dan idgom bigunnah atau maal gunnah karena ada tanwin fathah bertemu dengan wawu.
  35. [ وَلَوْ ]Harfu lin atau huruf link arena ada wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah,maka dibaca “lau” bukan “lao”.
  36. [ شَاۤءَ ] Mad wajib muttasil karena ada huruf mad bertemu dengan hamzah pada satu kalimat dibaca panjang tiga alif atau enam harakat.
  37. [ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu hamzah makam mim sukunnya dibaca jelas tidak berdengung.
  38. [ اُمَّةً ] Gunnah karena ada mim bertasydid ditahan selama satu alif atau dua harakat.
  39. [ اُمَّةً وَّا ] idgom bigunnah atau maal gunnah karena ada tanwin fathah bertemu dengan wawu.
  40. [ وَّا ] Mad thabii karena Mad thabii karena ada huruf mad yaitu alif sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.
  41. [ حِدَةً وَّ ] Idghom maal gunnah atau idghom bigunnah karena ada tanwin fathah bertemu dengan wawu.
  42. [ لٰكِنْ ] Mad thabii karena ada lam berharakat fathah berdiri dibaca panjang dua harakat.
  43. [ لٰكِنْ لِّيَبْلُوَ ] Idghom bilagunnah atau idghom bighoiri gunnah karena ada nun sukun bertemu dengan huruf lam.
  44. [ لِّيَبْلُوَكُمْ ] Qolqolah sughra karena ada huruf qolqolah yaitu ba berharakat sukun pada posisi washal atau di tengah kalimat.
  45. [ كُمْ فِيْ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf fa,maka mim sukunnya dibaca jelas tidak disamarkan dan tidak didengungkan.
  46. [ فِيْ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.
  47. [ مَآ اٰتٰىكُمْ ] Mad jaiz munfasil karena ada huruf mad bertemu dengan hamzah pada kalimat yang berbeda dibaca panjang ldua setengah alif atau lima harakat.
  48. [ اٰتٰىكُمْ ] Mad thabii atau mad asli karena ada huruf hamzah dan ta yang berharakat fathah berdiri dibaca panjang dua harakat.
  49. [ اٰتٰىكُمْ فَا ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan fa maka mim sukunnya dibaca jelas tidak berdengung dan tidak samar.
  50. [ تَبِقُوا الْخَيْرٰ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu kho,maka lam sukunnya dibaca jelas.
  51. [ لْخَيْرٰتِۗ ] Mad thabii karena ro berharakat fathah berdiri dan harfu lin karena ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibca “khoi” buka “khoe”.
  52. [ جِعُكُمْ جَمِيْعًا ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan jim maka mim sikunnya dibaca jelas tidak berdengung dan tidak samar.
  53. [ جَمِيْعًا ] Mad thabii karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  54. [ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu fa,maka nun sukunnya dibaca samar tidak dijelaskan.
  55. [ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا ] Idghom mistlain karena ada mim sukun bertemu dengan mim.
  56. [ بِمَا ] Mad thabii karena ada alif sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  57. [ كُنْتُمْ] Ikhfa karena Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu ta,maka nun sukunnya dibaca samar tidak dijelaskan.
  58. [ كُنْتُمْ فِيْهِ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf fa maka mim sukunnya dibaca jelas tidak berdengung dan tidak samar.
  59. [ فِيْهِ ] Mad thabii karena ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah maka dibaca panjang dua harakat atau satu alif.
  60. [ تَخْتَلِفُوْنَۙ ] Mad aridlissukun karena ada mad tabii pada posisi waqof atau berhenti dibaca panjang dua smapai enam harakat.

 

Demikian penjelesan tajwid surat Al Maidah ayat 48,semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.Mari kita terus belajar untuk memperbaikin bacaan Al Quran kita.Mohon maaf jika ada kesalah,karena kesalahan itu murni dari penulis.

Jika menemukan kesalahan dalam segi materi atau penulisan mohon segera hubungi kami via email admin@islamitu.com ataupun bisa dengan memberi komentar di  bawah. Terimakasih

Wallahua’alam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *